PENTAS SENI MERIAHKAN HUT SMP KRISTEN 2 SOE - SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 06 Agustus 2022

PENTAS SENI MERIAHKAN HUT SMP KRISTEN 2 SOE

 


Soe-Soepost.com. Syukuran dan pentas seni dalam rangka merayakan HUT ke- 58 SMP Kristen 2 Soe berlangsung Jumat, 05 Agustus 2022 di Halaman SMP Kristen 2 Soe.

Kegiatan di bawah tema “Dengan semangat HUT ke – 58 tahun SMP Kristen 2 Soe kita lestarikan budaya dalam bingkai agama menuju implementasi kurikulum merdeka” berlangsung meriah. Perayaan diawali dengan ibadah oleh Pendeta Amy Otemusu, S.Si. Theol. ada beberapa kegiatan seni yang ditampilkan oleh peserta didik SMP Kristen 2 Soe diantaranya : Natoni, tari oko mama, drum band, paduan suara, pembacaan puisi, tari helong, tari hegong, solo, dan tarian kreasi.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Yapenkris Tois Neno, Benyamin Ataupah, B.A., S.E., Anggota DPRD Kabupaten TTS, Dr. Marten Tualaka, S.H., M.Si., Kepala SMA Kristen 2 Soe, Simon Benu, S.Pd., orang tua murid dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Kristen 2 Soe Wasti E. Manao, S.Pd.M.Pd. menuturkan “01 Agustus 1964, 58 tahun yang lalu  Allah izinkan lembaga ini berdiri untuk mencerdaskan anak bangsa. Diakui bahwa begitu banyak lika – liku yang dilalui, jatuh bangunnya, tetapi satu hal yang pasti bahwa optimisme dalam diri para pendiri, optimisme dalam diri peserta didik,orang tua siswa,bahkan kita semua yang berkenan  ikut menumbuh, berkembangnya, berdirinya sekolah ini. Kita percaya bahwa semangat itu menghentar kita sampai pada detik siang hari ini.” Lanjutnya, “Dalam rangka merayakan ulang tahun SMP Kristen  2 Soe yang ke- 58 ada rangkaian kegiatan yang diselenggarakan, ya kami kemas dalam pentas seni. ”

Beliau menambahkan seusai perayaan, penyelenggaraan pentas seni ini dilaksanakan dalam rangka merayakan ulang tahun SMP Kristen 2 Soe yang tepatnya pada tanggal 01 Agustus 2022. Kegiatan ini dipersiapkan beberapa bulan sebelum dengan bekerja sama dengan Yaspensi. Ia juga berterima kasih kepada ketuaYaspensi dan tim (mentor)  yang telah bekerja sama dalam kegiatan ekskul khususnya untuk memeriahkan ulang tahun sekolah. Ia juga berharap agar kedepannya juga kegiatan literasi bisa dikembangkan untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka.

Ketua Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi), Rian Seong mengatakan, pihaknya bersama peserta didik menyiapkan kelancaran kegiatan ini selama kurang lebih 6 bulan.

Rian sapaannya menambahkan misi dari Yaspensi yaitu untuk memajukan pendidikan dari bidang seni dan sastra. Dia menyampaikan kegiatan pentas seni ini sebagai bentuk pertanggungjawaban MoU antara Yaspensi dengan pihak sekolah selama 3 tahun yang dalam perjalanan pihaknya turut mendampingi para murid dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Dalam mendampingi sekolah ini menurut Rian, pihaknya menggali nilai-nilai karakter sekolah yang kemudian ditampilkan dalam penampilan seni dan budaya. Rian meyakini dengan pembelajaran seni yang memberikan kebahagiaan kepada siswa sudah pasti pendidikan akan ikut maju.

Selanjutnya Kepala seksi kurikulum bina SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Serly Kamlasi menyampaikan kegiatan pentas seni yang ditampilkan peserta didik adalah hal yang sangat baik.

"Kegiatan pentas seni seperti ini bisa meningkatkan kecintaan siswa kepada budaya karena kita adalah manusia yang berbudaya," terangnya.

Serly melihat kegiatan ini cocok dengan implementasi kurikulum merdeka.

"Merdeka belajar itu memerdekakan siswa dan guru untuk bisa berinovasi dan berekspresi serta bisa mengembangkan diri mereka sesuai dengan minat dan bakat. Dengan demikian kualitas guru dan siswa sama-sama ditingkatkan," ucapnya.

"Ketika guru-guru dan murid bisa menghasilkan suatu karya dengan menyesuaikan masing-masing bidang dan minat itu berarti implementasi kurikulum merdeka sudah tercapai," tambahnya

Dia menerangkan, kurikulum merdeka ini memberikan banyak ruang kepada siswa untuk dapat mengembangkan diri dalam segala hal. Mereka juga dapat mengenal lingkungan dalam banyak aspek.

Dirinya melihat kegiatan pentas seni yang digelar SMP Kristen 2 Soe sebagai hal yang sangat penting.

"Kegiatan pentas seni semacam ini sangat penting bagi siswa karena melalui pensi ini banyak aspek ditonjolkan oleh siswa dan mereka secara tidak langsung mengembangkan potensi dalam diri mereka. Dengan demikian siswa juga tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter kuat," pungkasnya. (Yabes Bia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman