Mahasiswa PGSD STKIP Soe , Gelar Kegiatan PKM di SD GMIT Tobu - SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 18 Juni 2022

Mahasiswa PGSD STKIP Soe , Gelar Kegiatan PKM di SD GMIT Tobu

Ket Gambar : Mahasiswa PGSD STKIP SOE Saat Berada Di SD GMIT Tobu

TOBU-SOEPOST.COM, Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Timor tengah Selatan, rabu (16/6/2022) lalu. Mahasiswa PGSD STKIP soe melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SD GMIT Tobu yang beralamat di desa Tobu, Kecamatan Tobu.

Dalam PKM tersebut hadir Tri Buce J. Banu, M. Pd, ketua program studi PGSD, Dian A. Nenoliu, M. Pd dosen mata kuliah bahasa Indonesia, Aggriani Liunokas, M. Pd dosen mata kuliah IPA, Serlinia R. Anawoli, M. Pd dosen mata kuliah bahasa inggris, Eko P. E. Nomeni, M. Pd dosen mata kuliah pendidikan agama, Pifa A. Lakapu, M. Pd dosen mata kuliah Micro teaching, Jean Djara, M. Pd dosen mata kuliah berpikir kritis, dan Ardi Tafui, M. Pd dosen mata kuliah PJOK. 

Sedangkan Dari pihak SD GMIT Tobu langsung dihadiri oleh  kepala sekolah ibu Salomi W. Sunbanu, S. Pd dan rekan-rekan guru, beserta siswa kelas III, IV dan V SD GMIT Tobu.

Pada kesempatan tersebut Ketua Prodi PGSD Tri Buce J. Banu,M.Pd mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa STKIP Soe untuk melakukan PKM,

"Kami mengucapkan terima kasih buat ibu kepala sekolah yang telah bersedia memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan PKM disini" Ucap Tri

Lanjut nya, kegiatan PKM ini berupa praktik mengajar. Praktik mengajar tersebut terdiri atas 3 kelompok, setiap kelompok mengajar mata pelajaran yang berbeda dan di kelas yang berbeda pula. Di mana, kelompok satu mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas empat, kelompok dua mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di kelas lima, dan kelompok tiga mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas tiga.

Pada dasarnya kegiatan PKM ini adalah pengabdian yang bertujuan untuk mendukung pembelajaran di sekolah, untuk melatih anak-anak, serta menambahkan ilmu pengetahuan bagi bapak ibu guru dalam melakukan proses belajar mengajar. 

Yang saya perhatikan dari tadi anak-anak sangat antusias dan mereka semangat dalam belajar. mungkin karena mereka bertemu orang baru dengan metode pembelajaran yang menarik. Dalam hal ini, adanya penggunaan alat peraga, games, video pembelajaran, dan menyanyi.”. Menurut saya untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak. maka, kita perlu melakukan hal seperti ini. Karna kadang-kadang anak bosan. Oleh karena itu kita yang berasal dari program studi PGSD dan sebagai calon guru SD kita perlu turut serta selain belajar di kampus langsung praktikan di sekolah sehingga dengan hal ini kita dapat  mengetahui bagaimana strategi menghadapi anak SD dan membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan.” Ungkap Banu.

Kunjungan mahasiswa STKIP Soe Prodi PGSD disambut baik oleh kepala sekolah SD GMIT Tobu. Salomi W. Sunbanu, S. Pd  karena dari kunjungan tersebut pihak sekolah merasa terbantu dan bisa mendapatkan pengetahuan yang baru tentang metode pembelajaran,

Puji Tuhan karena dengan  adanya PKM di sekolah saya ini, kita saling membantu untuk merubah kekurangan-kekurangan yang ada di sekolah saya dan bisa menjadi pengalaman bagi adik-adik mahasiswa. Kata Salomi Sumbanu, S. Pd

Diakhir pertemuan mahasiswa bersama ibu dosen menyerahkan alat peraga kepada ibu kepala sekolah. 

alat-alat peraga ini sebagai kenangan dari mahasiswa PGSD STKIP Soe dan alat Peraga ini bisa digunakan saat kegiatan pembelajaran selanjutnya.” Tutup Dian Nenoliu, M. Pd. (YANTO TABUN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman