ENAM KELOMPOK TANI DI KECAMATAN KUALIN, TERIMA BANTUAN DARI TNI DAN KEMENTAN - SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 16 September 2022

ENAM KELOMPOK TANI DI KECAMATAN KUALIN, TERIMA BANTUAN DARI TNI DAN KEMENTAN

 


OEMAMAN-SOEPOST.COM, Jumat 16 September 2022, bertempat di Desa Oemaman Kecamatan Kualin Kabupaten Timor tengah Selatan Provinsi Nusa tenggara timur, enam kelompok tani menerima bantuan 1.500 liter pupuk cair dari Menteri  Pertanian dan Tentara Nasional Indonesia untuk digunakan dalam pengelolaan lahan seluas 300 Ha.

Informasi yang diperoleh media ini, bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Unggul perwakilan Kementerian Pertanian didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Timor tengah Selatan Yahuda Tunliu bersama Suwandi tim ahli pupuk Kementerian Pertanian.

Diketahui bahwa lahan seluas 300 Ha direncanakan akan ditanami Sorgum dan Jagung serta akan dikelola oleh 206 petani yang terbagi dalam enam kelompok yang terdiri dari Kelompok Tani Bana Padi, Bana Nifukiu, Bana Netulinah, Bana Tufe, Bana Ban-ban dan Kelompok Tani Bana Sonalete.

Dalam pantauan media ini, selain membagikan bantuan pupuk. Pada kesempatan tersebut, Kementerian Pertanian dan TNI juga memberikan bantuan bibit Jagung.

Sedangkan Dinas Pertanian Provinsi Nusa tenggara timur pada kesempatan tersebut memberikan bantuan traktor guna digunakan untuk membalik lahan dan juga menempatkan petugas penyuluh lapangan demi mendampingi para petani. Hal ini juga dilakukan demi melanjutkan Program kerja dari Pangkostrad Letjen Maruly Simanjuntak yang selalu memperhatikan masyarakat Nusa tenggara timur dalam bidang Pertanian guna bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur.

Usai memberikan bantuan Unggul selaku perwakilan dari Kementerian berharap agar pupuk cair yang diberikan harus  dimanfaatkan dengan baik agar program tersebut bisa berjalan lancar,

“Semoga pupuk yang diberikan ini bisa dimanfaatkan secara baik,” harapnya

Sedangkan kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten TTS, Yahuda Tunliu kepada masyarakat mengatakan, bahwa petani akan selalu didampingi oleh penyuluh pertanian dari dinas guna melancarkan program yang ada. Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menurunkan bantuan bibit jagung untuk program CPCL.

Selain itu Ia juga mensuport para petani agar lebih semangat dalam bekerja nantinya, Yehuda memastikan bahwa petani hanya siap kerja dan terima hasil karena pihak ketiga juga telah disiapkan untuk mengambil basil panen dari para petani.

Yaner Bana selaku Koordinator CPCL Desa Oemaman, dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Kementerian Pertanian yang telah memilih Desa Oemaman sebagai lokasi program CPCL. Program tersebut dikatakan Yaner akan mendatangkan berkat untuk masyarakat Desa Oemaman.

Menurut Yaner Bahwa Ia sangat yakin bahwa program ini akan membawa berkat bagi desa Oemaman, sehingga untuk membangkitkan semangat petani, Yaner berjanji untuk dari lahan seluas 300 Ha itu pada bulan ini juga  mereka akan mencoba terlebih dahulu sepuluh(10) Ha guna membangkitkan semangat Petani untuk lebih semangat dalam bekerja.

Untuk diketahui Kementan sendiri melalui program TNI juga sudah meluncurkan pupuk cair ke lokasi Desa Oe’baki kecamatan Noebeba dengan luas lahan 100 Ha pada Kamis 15 September 2022. (Yabes Nubatonis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman