PENERTIBAN MIRAS LOKAL DI TTS DALAM PANDANGAN DAVID BOIMAU - SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 09 September 2022

PENERTIBAN MIRAS LOKAL DI TTS DALAM PANDANGAN DAVID BOIMAU

 


KOTASOE-SOEPOST.COM, Sebelumnya kita perlu berikan apresiasi kepada Polres Timor tengah Selatan beserta jajaran yang dalam sepekan terakhir gencar melakukan kegiatan Penertiban minuman keras yang diproduksi secara tradisional oleh masyarakat Kabupaten Timor tengah Selatan Provinsi Nusa tenggara timur.

Tetapi, sesuai informasi-informasi yang diberitakan pada media, Penertiban yang dilakukan sepertinya belum diperlakukan merata diseluruh wilayah hukum Polres Timor tengah Selatan dan hanya fokus di wilayah Selatan Kecamatan Kualin dan Kecamatan Amanuban Selatan

Dari Penertiban yang dilakukan, sebagai masyarakat dan juga dalam profesi saya sebagai wakil Rakyat saya berikan apresiasi akan tetapi kita berharap dari penutupan ini kemudian ada tindakan ikutan dengan menutup pintu-pintu masuk peredaran minuman tradisional jenis Sopi dari luar wilayah Kabupaten TTS.

Jangan Penertiban ini terkesan seperti mematikan usaha masyarakat lokal di Timor tengah Selatan tetapi memberikan ruang bagi orang luar untuk pendapatannya meningkat, ini tidak adil menurut saya.

Hal berikut bahwa tidak bisa dipungkiri juga dalam kondisi sekarang disaat BBM naik dan masyarakat semakin sulit mendapatkan uang maka mata pencaharian orang-orang kecil yang menyadap nira lontar akan hilang, sadar atau tidak sebenarnya langkah ini bukannya menyelesaikan persoalan tetapi justru menimbulkan persoalan baru.

Tentang masalah sosial yang timbul karena Sopi itu merupakan tanggung jawab oknum dan harus di tindak tegas, untuk saat ini perlu penyadaran secara bertahap oleh para pemangku kepentingan tetapi ini menjadi refleksi bagi DPRD secara lembaga untuk memikirkan adanya payung hukum yang melindungi para pegiat usaha masak minuman lokal sopi.

Untuk itu, sebagai  ketua Bapemperda DPRD TTS saya akan membangun lobi dengan semua fraksi sehingga jika dibutuhkan akan menjadi Propemperda Tahun 2023 menjadi Perda Inisiatif DPRD. Ada nilai budaya yang terkandung dalam nilai sopi 1 botol dan itu telah terbangun sejak dulu para leluhur membangun daerah ini.

Istilah adat "tnoin solo mat tua boit mese" jika itu sudah duduk di tikar adat maka semua masalah pasti diselesaikan dengan baik. Ini yang akan digali untuk menjadi salah satu latar belakang pentingnya pembentukan Perda guna bisa melindungi usaha para penyuling minuman tradisional sopi.

Saat ini juga semua urusan adat orang Atoni Pah Meto mengedepankan minuman tradisional sopi sebagai pelengkap semua ritual adat, baik acara suka maupun duka.

Pengamatan saya, sopi telah menjadi pasangan "oko mama" sebagai simbol pendekatan budaya di sebagian besar wilayah daratan Timor

Dari kondisi ini, kita berharap agar para pemangku kepentingan bisa lebih Arif dan bijak dalam menyelesaikan hal ini sehingga kehadiran Pemerintah harusnya memberikan solusi bukan menambah masalah baru bagi masyarakat. (Yabes Nubatonis)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman