PA Soe Deklarasi Implementasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) - SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 30 Mei 2023

PA Soe Deklarasi Implementasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)

 



Soe – TTS (31/05/23),


TTS-Soespost.com, Dalam rangka menyambut hari lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. Seluruh aparatur Pengadilan Agama (PA) Soe hari ini, Rabu (31/5) berikrar dan mendeklarasikan pencanangan pembangunan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Deklarasi ini turut pula disaksikan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kupang, Provinsi Nusa tenggara Timur, Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. Acara berlangsung khidmat dilaksanakan di ruang Media Centre PA Soe.



Seluruh aparatur PA Soe, mulai dari Ketua, Hakim, ASN dan tenaga PPNPN tanpa terkecuali melakukan penandatanganan komitmen bersama pembangunan SMAP.
 

SMAP ISO 37001:2016 ini merupakan salah satu pelengkap dari program-program pencegahan yang sebelumnya telah diterapkan. Diharapkan dapat memperkuat komitmen peradilan untuk menjadi pengadilan yang agung. SMAP juga bertujuan untuk mendukung terwujudnya Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan.



Ketua PA Soe, Mushlih, dalam sambutannya menerangkan, SMAP adalah suatu mekanisme yang dirancang untuk dapat mengindentifikasi dan mengevaluasi risiko Penyuapan serta untuk mencegah, mendeteksi, dan merespon Penyuapan.

“ISO 37001:2016 dapat digunakan untuk menanamkan budaya anti-suap di PA Soe. Standar ini untuk mendeteksi potensi penyuapan. sehingga PA Soe bisa melakukan pencegahan sejak dini” tandasnya.



Zona Integritas (ZI) dan SMAP keduanya sangat penting. Keberhasilan dalam membangun keduanya, merupakan perwujudan tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara. Kita ingin, masyarakat percaya kepada kinerja dan kualitas pelayanan Pengadilan Agama Soe. Meski diwilayah selatan Indonesia, yang notabene jauh dari Ibu Kota Negara, namun seluruh aparatur tetap berintegritas dalam menolak suap serta senantiasa memberikan layanan prima kepada masyarakat. Ungkap Ketua dari Makassar Sulawesi Selatan ini. 

Kandidat Doktor pada kampus UIN Alauddin Makassar ini menegaskan, 


“Terapkanlah nilai-nilai moral berintegritas dalam tingkah dan sikap sehari-hari, baik saat dinas maupun di luar kedinasan. Implementasikan nilai-nilai anti korupsi dan suap, dalam kegiatan sehari-hari mulai dari hal-hal yang sederhana.” Tutupnya. 


Ketua PTA Kupang, Ilham Abdullah, dalam sambutannya memberikan memotivasi kepada aparatur PA Soe untuk tetap semangat dalam meraih prestasi khususnya WBK dan WBBM, meraih Sertifikasi ISO 37001:2016. 


“Pembangunan ZI, WBK dan SMAP ISO 37001:2016 jangan hanya sekadar tentang sertifikat, melainkan tentang sikap dan mental”


Ilham Abdullah mengimbau kepada seluruh aparatur PA Soe usai pencanangan, deklarasi dan komitmen bersama ISO 37001:2016 untuk melakukan sosialisasi, public campaign, kepada masyarakat. Supaya masyarakat tahu bahwa PA Soe sedang membangun ZI, WBK dan SMAP. Perkuat lagi konten media-media sosial, juga bangun komunikasi dengan kawan kawan insan pers nasional maupun pers daerah.


Selanjutnya, bukanlah menjadi soal jumlah aparatur PA Soe yang hanya ada 14 personil dalam upaya meraih prestasi. Meski hanya 14 orang saja, namun apabila semuanya memiliki integritas tinggi masing-masing pribadilah, itu yang menjadi kunci penentu keberhasilan suatu program kerja PA Soe.


Dikatakan, “Jangan Takut dan merasa kalah, Orang yang sedikit, bisa mengalahkan yang jumlahnya banyak dalam berprestasi. Sampaikan kebenaran, meskipun itu pahit. berilah pelayanan terbaik bagi masyarakat, sebagaimana engkau memberikan pelayanan terbaik kepada anak istri dan keluargamu” tegasnya.


Sebagai penutup, Ilham Abdullah memberikan suplemen motivasi kepada aparatur PA Soe, “Percayalah dan jadikanlah kebenaran sebagai kekuatan. Bawalah kebenaran itu sampai di surga kelak. Karena yang bathil (jahat) pasti akan kekal selamanya di neraka. 


Terpantau, selain Ketua PTA Kupang, Nampak hadir Komandan Kodim 1621/TTS, Letkol Inf. Sobirin, S.Ag., M.Si, Panitera PTA Kupang, Heri Eka Siswanta, S.H., M.H., dan Plt. Sekretaris, Usman Asafah, S.T., M.H. (Humas PA Soe)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman