Kasrem 161/Wira Sakti Kupang : Menjangkau Yang Tak Terjangkau - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 06 April 2024

Kasrem 161/Wira Sakti Kupang : Menjangkau Yang Tak Terjangkau




Laporan Wartawan SP; Yefta Banunaek 
Editor Redaksi 


TTS-Soepost.com,- Melihat Kabupaten Timor Tengah Selatan, dengan sejumlah potensi produk unggulan dan kekayaan sumber daya alam. Ada kepedulian dan mimpi besar menuju pemberdayaan berkelanjutan bagi masyarakat Timor Tengah Selatan. 




Dengan misi "Kasih" menjangkau yang terjangkau, memperbaiki yang sudah ada, jika yang sudah ada dapat menunjang keberlangsungan kebutuhan masyarakat, mengapa musti dibangun yang baru. Demikian pernyataan yang disampaikan Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi Kasrem 161/Wira Sakti Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). 


Bertempat di Helipet kawasan Civic centre Kabupaten TTS, didampingi TDI Chapter,  Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi menyempatkan waktu bertemu dengan Pj. Bupati Timor Tengah Selatan, Drs. Serperius Edison Sipa, M.Si, bersama Pj. Sekda Kabupaten TTS Yohanis Lakapu serta Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem Askesnas Gomer Afi, S.Pd, Anggota DPRD Fraksi Hanura David I. Boimau, A.Md. 


Agenda dan tujuan kunjungan Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi ke Kabupaten TTS di desa Ajaobaki di kecamatan Mollo Utara dan desa Lilana, untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan manfaat bantuan pompa hidram yang telah diberikan kepada masyarakat kelompok pertanian. Selain evaluasi, ada pun bantuan yang disiapkan untuk diberikan kepada beberapa kelompok tani di wilayah Kecamatan Mollo Utara dan Kecamatan Nunbena. 


Disela-sela pertemuan dan diskusi singkat tersebut, kepada wartawan sabtu, 06/04/2024, Putra asli kelahiran desa Sunu, Timor Tengah Selatan, yang saat ini menjabat Kasrem 161/Wira Sakti Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi membeberkan beberapa solusi dalam menjawab tantangan dan persoalan kelangkaan air bersih dan kebutuhan air untuk mendukung usaha pertanian masyarakat dibeberapa daerah di kabupaten Timor Tengah Selatan, seperti penggunaan pompa Hidram dan pelestarian sumber mata air melalui penghijauan. 


Melalui program penyediaan air melalui pemasangan pompa hidrolik ram dari sumber mata air potensial, diharapkan dapat menunjang pengembangan tanaman holtikultura, tanaman perkebunan, peternakan, disamping itu pelestarian lingkungan sumber mata air, sebagai bagian dari solusi pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelestarian alam yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. 


Selain itu, dirinya juga meminta, jika kunjungan kerja dan giat-giatnya sebagai TNI yang melayani masyarakat dianggap baik bagi masyarakat, maka selain TNI pun turut berkontribusi bagi daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan, demi menjawab kebutuhan masyarakat. 


Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati TTS Drs. Serperius Edison Sipa, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada Kasrem 161/WS Kupang atas kunjungannya ke Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan program bantuan pompa hidram bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Istimewa mereka (masyarakat) kelompok tani yang saat ini menjalani aktivitas sebagai petani holtikultura yang lokasi usaha pertaniannya jauh dari sumber mata air. 


"Kita berterima kasih atas kehadiran bapak Kasrem, harapan kita dengan program ini, dapat membantu masyarakat yang jauh dari akses sumber mata air baik yang berusaha di pertanian holtikultura dan usaha sejenisnya dapat terbantu." 


Untuk diketahui, Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi selain memperoleh pengakuan dan penghargaan dari Institusi TNI atas karya inovasinya membuat pompa Hidrolik ram sebagai solusi mengatasi krisis kekeringan air lebih dari 50 titik di nusantara. Karya ini mengantarnya meraih pengakuan dan penghargaan yang tercatat dalam rekor MURI pada 27 Januari 2015 lalu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman