BERSAMA OXFAM INDONESIA, CIS TIMOR ADAKAN WORKSHOP DI DESA BENA - SOE POST

SOE POST

Berita Soe TTS

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 25 September 2022

BERSAMA OXFAM INDONESIA, CIS TIMOR ADAKAN WORKSHOP DI DESA BENA

 

TOINUNU-$OEPOST.COM, Berada dalam Zona Cincin api bencana dan sering disebut sebagai salah satu supermarket bencana maka sangat penting memberikan edukasi kepada masyarakat Nusa tenggara timur yang berada di lokasi langganan Bencana untuk memahami sistem peringatan dini ketika terjadi bencana.

Jumat (23/9/2022), bertempat di RT.025/RW.010 Dusun 4 Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor tengah Selatan Provinsi Nusa tenggara timur. CIS Timor bekerjasama dengan Oxfam Indonesia melakukan kegiatan Workshop Penyusunan Sistem Peringatan Dini dan Rencana Kontijensi Bencana Desa.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 23-24 September Tahun 2022 itu diikuti  oleh empat puluh satu orang peserta yang terdiri dari unsur TSBD 25 Orang, Pemerintah Desa 2 Orang, Tokoh Agama 1 Orang, Tokoh Adat/Tokoh Masyarakat 2 Orang, CO Perempuan 2 Orang, Babinsa dan Tim CIS Timor 3 Orang.

Epyh Pellokila Fasilitator Forum PRB Provinsi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, peningkatan kapasitas bagi CO Perempuan dan Orang Muda dalam Perencanaan Pembangunan merupakan Tahapan Penting dalam pembangunan desa,

“Hidup di wilayah dengan ancaman bencana beragam yang dapat terjadi kapan saja, maka bencana sudah harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan apapun yang dikerjakan haruslah dilakukan dalam ranah kesiapsiagaan bencana sehingga sejak dini telah dilakukan upaya-upaya pengurangan resiko terhadap kemungkinan korban jiwa dan harta benda.”

“untuk itu, peningkatan kapasitas bagi CO Perempuan dan Orang Muda dalam perencanaan pembangunan merupakan tahapan penting yang harus dilakukan dalam mendukung pembangunan di desa” Ucap Epyh

Lanjut Epyh Pellokila, bahwa Proyek ini diimplementasikan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten TTS dan Malaka,

“Dalam upaya kondisi ini, CIS Timor sedang dalam kemitraan dengan Oxfam Indonesia lewat Program Proyek Asia Community Disaster Preparedness dan Tranformation(ACT) yang fokus pada isu pengurangan Resiko bencana melalui peningkatan kapasitas kesiapsiagaan, perlindungan aset serta berbagi pembelajaran. Proyek ini diimplementasikan di Provinsi NTT mencakup dua Kabupaten Timor tengah Selatan dan Malaka. Program ini mendorong proses kesiapsiagaan masyarakat untuk lebih siap dan mengenali bencana apa yang ada disekitarnya  serta paham benar apa yang harus dilakukan sesuai dengan posisi dan kewenangan yang dimiliki.”

“Adapun tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk Mengidentifikasi dan menyepakati model peringatan dini yang sudah dimiliki masyarakat dan model peringatan dini lain yang dapat digunakan sesuai dengan Kondisi di masing-masing desa, Tersusunnya model/mekanisme peringatan dini yang akan menjadi acuan bersama komunitas, Komunitas secara bersama-sama menyepakati ancaman bencana prioritas di masing-masing desa yang akan menjadi acuan dalam proses penyusunan rencana Kontijensi bencana, dan Menyusun rencana Kontijensi bencana dimasing-masing desa dengan skenario yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses simulasi bencana ditingkat komunitas.” Jelas Epyh Pellokila

“Dari kegiatan ini, diharapkan bahwa Setiap komunitas dan desa Mitra program memiliki model mekanisme peringatan dini yang dapat diaplikasikan saat kejadian bencana terjadi dimasing-masing desa. Kemudian, Komunitas dan desa Mitra program memiliki dokumen rencana Kontijensi yang akan menjadi acuan saat kejadian bencana terjadi sesuai dengan ancaman prioritas masing-masing desa. Dan Rencana Kontijensi dan mekanisme peringatan dini Ini dapat menjadi acuan dalam proses simulasi bencana yang akan dilaksanakan di masing-masing desa. Harapnya,

Informasi yang dihimpun media ini, Kegiatan tersebut dilangsungkan mulai tanggal 23 sampai 24 September 2022. Dengan Materi, Penyusunan Sistem peringatan Dini Desa dan rencana Kontijensi Desa. (redaksi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman