Gandeng Polres TTS, Kodim 1621 Gelar Apel Pasukan - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 04 Januari 2024

Gandeng Polres TTS, Kodim 1621 Gelar Apel Pasukan



Penulis Pendim 1621/TTS
Editor Yabes Nubatonis 
Jumat (5/01/2024)


Dalam rangka Siaga Penanggulangan Bencana Kodim 1621/TTS menggandeng Polres TTS dan melaksanakan Apel Gelar Pasukan yang bertempat di Mapolres TTS, Jl. Gajah Mada, Kelurahan Karang Siri, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kamis (04/01/24) Pagi.

Apel Siaga tersebut dipimpin Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa S.Ik, dihadiri Perwira Polres TTS serta Pasi Pers Dim 1621/TTS Kapten Inf Jemy Tomi Nelwan yang mewakili Dandim 1621/TTS bersama seluruh anggota Polres TTS dan 2 Pleton Anggota Kodim.

Dalam Amanatnya Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.Ik, menyampaikan, Memasuki musim penghujan seperti saat ini potensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. 

Sebagaimana amanat undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana, bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah.
Namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

Bahwa pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh TNI-POLRI dan pemerintah, bersama-sama dengan instansi terkait sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka siaga bencana di tahun 2024. Bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. Karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar-lintas pemangku kepentingan sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana dapat dilakukan secara cераt dan bermanfaat, sehingga hal- hal yang lebih buruk tidak terjadi.

Dampak dari bencana tersebut di atas menimbulkan kerugian yang besar yang terjadi pada masyarakat, rasa trauma yang mendalam, rasa takut yang kalau akan terjadi bencana yang lebih besar, untuk itu perlu langkah kongkrit dan nyata serta kerjasama seluruh pihak / stakeholder Guna mengantisipasi timbulnya kejadian Bencana, mengingat perubahan iklim dan kejadian bencana tidak dapat diprediksi.

Ditempat terpisah Dandim 1621/TTS, yang di Wakili oleh Pasi Pers Dim 1621/TTS Kapten Inf Jemy Tomy Nelwan, menyampaikan.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan kesiapan pasukan dalam menghadapi potensi bencana di tahun 2024. Keberadaan tokoh-tokoh penting dari berbagai sektor pemerintahan dan lembaga di Kabupaten TTS juga menjadi bukti komitmen bersama dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat." Ucap Nelwan

Pantauan Pendim, Apel Pasukan Siaga Bencana tersebut tidak hanya menunjukkan keseriusan dalam penanganan bencana, tetapi juga mencerminkan sinergi antara unsur militer, kepolisian dan pemerintah daerah. Tetapi dengan keberadaan para pejabat di acara tersebut menandakan dukungan penuh terhadap upaya preventif dan responsif terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman