Prodi PTM UNDANA Gelar Pengabdian Masyarakat di IKM SIMA INDAH - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 07 Mei 2024

Prodi PTM UNDANA Gelar Pengabdian Masyarakat di IKM SIMA INDAH



Liputan Reporter Yefta Wartawan SP 
Editor Redaksi Soe Post 

Kota Kupang||Soepost.com, - Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana Kupang (UNDANA) menggelar kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di IKM SIMA INDAH. Pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2024, alamat Jl. Air Lobang III Sikumana, Kota Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT) 


Kepada soepost.com pada hari Senin, (06/05/2024) Dr. Fahrizal, S.Pd., M.P., selaku Koordinator Program Studi PTM, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab tridharma dosen di perguruan tinggi. 

"Pada tahun 2024, kami memilih tema penerapan Mesin Spinner untuk meningkatkan kualitas produk makanan olahan di Kota Kupang, khususnya di IKM SIMA INDAH," Ujarnya.



Salah satu produk andalan IKM tersebut adalah Jagung Udang. Namun, kendala yang dihadapi adalah tingginya kandungan minyak dalam produk tersebut, yang dapat mengurangi daya tarik konsumen dan mempercepat kerusakan produk. Dengan penerapan Mesin Spinner, diharapkan kualitas produk dapat ditingkatkan melalui pengurangan kandungan minyak dan peningkatan umur simpan.


Langkah awal yang dilakukan adalah observasi terhadap proses produksi makanan olahan, khususnya Jagung Udang. Dari observasi tersebut, ditemukan bahwa proses penirisan minyak masih dilakukan secara manual, sehingga kandungan minyak dalam produk masih tinggi. Mesin Spinner kemudian dirakit di Bengkel PTM FKIP Undana di Penfui, dengan melibatkan mahasiswa sebagai teknisi.


Respon dari IKM terhadap penggunaan Mesin Spinner sangat positif. Mereka berharap agar PTM Undana terus mengembangkan teknologi yang dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh IKM adalah terkait konsumsi listrik Mesin Spinner, namun hal ini tidak menjadi masalah karena mesin tersebut memiliki daya listrik rendah.


Dr. Fahrizal berharap agar IKM dapat memanfaatkan Mesin Spinner untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik. "Kami siap memberikan fasilitas dan pendampingan kepada IKM yang membutuhkan pesanan Mesin Spinner," Harapnya.


Dapat di ketahui bahwa Pengabdian pada masyarakat di hadiri oleh Koordinator Program Studi dan dosen pendidikan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, Dr. Sealtial Mau, ST.,MT Serta Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman