Anak Petani Asal Anas Amanatun Utara Raih S2 Matematika Di University Of Florida Amerika Serikat - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 06 Mei 2024

Anak Petani Asal Anas Amanatun Utara Raih S2 Matematika Di University Of Florida Amerika Serikat



Liputan Reporter Nyongki Wartawan SP 
Editor Redaksi Soe Post 

TTS|Soepost.com, - Berasal dari sebuah dusun kecil di pedalaman Anas Desa Tumu Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lahir dari latar belakang keluarga petani dan kurang mampu. Hofni Penehas Tafuli, S.Pd.K.,B.Ed MAE., berani membuktikan kisah perjuangan hidupnya yang tidak selalu mulus, menjadikannya inspirasi, satu-satu wisudawan Matematika di negeri paman sam Amerika Serikat asal pulau Timor. 




Perjuangan keras yang diperhadapkan dengan berbagai kesulitan tidak membuatnya putus asa untuk terus berjuang, hingga akhirnya Ia menggapai mimpi yang dicita-citakan. Perjuangan dan ketekunan yang ulet menjadi jawaban yang terbukti bahwa Ia telah menyelesaikan studi S2 Master of Arts in Education, Mathematics Education di University Of Florida Amerika Serikat. 




Keberhasilan ini turut membanggakan orang tua, keluarga, dan mengangkat nama kampung Anas Amanatun Utara, daerah tercinta Timor Tengah Selatan, bahkan etnis Timor dimata Nasional dan International. 


Sebagai satu-satunya anak petani asal Timor Tengah Selatan dan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang kuliah ke luar negeri melalui beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Opin nama sapaannya, menuturkan jika dirinya memilih masuk campus University of Florida adalah karena atas motivasi, dan dirinya memilih kuliah di University of Florida karena jurusan yang dipilihnya termasuk dalam deretan 10 besar. Campus University of Florida, adalah satu-satunya Kampus Negeri nomor 1 terbaik yang dimiliki negeri Paman Sam Amerika Serikat. 


Mengawali semua proses hingga menyelesaikan pendidikan S2 saat ini. Opin menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Inpres Maf Desa Tumu tahun 2003, pendidikan sekolah menengah pertama di SMP Negeri 1 Amanatun Utara tahun 2006, Hingga akhirnya tahun 2009, Ia melanjutkan studi dan tamat sekolah menengah atas di SMA PGRI 1 Soe, ibu Kota Kabupaten Timor Tengah Selatan. 


Opin yang menyelesaikan studi strata satu (S1) pertama tahun 2013 di sekolah tinggi teologi (STT) Setia Jakarta, Jurusan Pendidikan Agama Kristen. Tak lupa akan pesan gurunya ketika di SD tentang pentingnya pendidikan, dengan prestasi yang diperoleh, memotivasinya untuk melanjutkan studi strata satu (S1) untuk kali kedua di Sampoerna University Jakarta, Jurusan Pendidikan Matematika tahun 2016. Hingga akhirnya, setelah 3 tahun test, tahun 2022 ia berhasil masuk University of Florida melalui beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP). 


Opin menuturkan, jika perjuangan kerasnya untuk meraih cita-cita saat ini karena motivasi. Meski ia telah melewatinya dengan berbagai proses dan keadaan selama 3 tahun, namun akhirnya terjawab.


"Sejak dari sekolah dasar (SD) sampai lulus SMA, saya harus tinggal dan menjadi pembantu di rumah orang agar bisa sekolah. Kemudian saat kuliah, saya harus mengajar les private dan kursus keliling Jakarta agar bisa membayar biaya kuliah. Sehingga saya termotivasi untuk merasakan bagaimana rasanya kuliah saja tanpa pikirkan biaya kuliah. Jadi, saya putuskan untuk mencari beasiswa dan kebetulan dapat beasiswa LPDP setelah 3 tahun saya mencoba". Ungkapnya. 


Opin menambahkan jika pendidikannya diluar negeri, tidak sebatas menyelesaikan sistem kredit semester (SKS), namun diajarkan bagaimana melihat sesuatu yang baru dan ruang berpendapat serta memperluas refrensi. 


"Ternyata kuliah di Amerika itu bukan hanya untuk menyelesaikan SKS, tapi membuat kita melihat peluang apa yang akan dikerjakan nanti. Kuliah di Amerika itu kita diberikan kebebasan berpendapat tanpa merasa takut disalahkan. Selain itu, kita harus banyak membaca buku dan jurnal sebelum masuk ke kelas". Ujarnya 


Opin menjelaskan jika sebelum dirinya ke negeri paman sam untuk menimba ilmu, ia berfikir bahwa wawasan dan komunikasi hanya sebatas di Amerika, namun justru  berbalik dari yang ia duga. 


"Dulu saya berpikir bahwa kuliah ke Amerika akan membuat saya hanya belajar dari Amerika saja ternyata, dengan berkuliah di Amerika, saya berkesempatan untuk bertemu, berinteraksi dan bertukar pikiran dengan orang-orang dari seluruh dunia". Jelasnya. 


Sebagai motivasi dan inspirasi, tak lupa Opin berpesan bagi generasi muda di tanah Timor teristimewa daerah kelahiran Timor Tengah Selatan, bagi yang berprestasi, namun karena latar belakang keluarga petani dan ekonomi lemah agar jangan berputus asa tapi tetap berjuang. 


"Kita tidak bisa memilih dari keluarga seperti apa kita dilahirkan, dengan keadaan ekonomi seperti apa. Tapi, ketika Tuhan menaruh kita dalam suatu keadaan berarti ada tujuan Tuhan bagi kita. Dan, Jangan membatasi cara Tuhan berkarya lewat hidupmu, hanya dengan melihat keterbatasan yang dimiliki baik ekonomi maupun kemampuan akademik" Pesannya.


Lanjut Opin, setelah menyelesaikan studi S2 di University of Florida, Ia akan lanjut S3 di Columbia University pada Januari 2025 mendatang. 


"Saya juga sudah diterima di Teachers College Columbia University untuk program S3 saya. Dan sebenarnya saya harus lanjut di bulan September 2024, namun saya yang tunda dulu ke januari 2025".pungkasnya. 


Mengakhiri komunikasinya dengan awak media soepost.com pada selasa, 7 mei 2024 dini hari waktu Amerika Serikat. Hofni Penehas Tafuli mengungkapkan rasa haru dan terima kasih kepada sosok guru kelas dan kepala sekolah semasa SD dan Almamaternya. 


"Terima kasih untuk Para Guru dari SD hingga SMA yang sudah mengajari saya untuk mencintai Pendidikan. Terima kasih atas pesan dari Bapak Samuel Tuan, kepala sekolah saya waktu SD bahwa “Hanya Pendidikan yang bisa merubah nasib seseorang” dan itu terbukti benar bagi saya, karena dengan Pendidikan, saya yang dulunya hanya tinggal di rumah orang, menjadi pembantu dan bahkan tidak dipandang oleh orang lain, ketika menyelesaikan Pendidikan tinggi di kota dan kembali ke kampung Anas, saya diterima, duduk, dan berbicara dengan orang-orang yang saya kagumi dulu. Karena, kalau tanpa Pendidikan, mungkin saja saya tidak mendapatkan kesempatan-kesempatan itu". Imbuhnya. 


Tak lupa akan akar dan tempat kelahirannya sebagai basodara orang Anas-Amanatun Utara. Melalui whatsapp group Anas, Opin mengajak semua basodara Anas Amanatun Utara untuk menyaksikan moment kebahagiaan tersebut. 


"Kakak-Kakak, beta akan wisuda resmi pada hari senin, 6 Mei 2024 pukul 2 siang waktu Florida atau selasa 7 Mei 2024 pukul 2 subuh WITA (waktu indonesia). Kalau masih belum mengantuk, bisa nonton acaranya melalui live streaming acara wisuda saya". Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman