Umat Muslim Di TTS Siap Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 28 Juni 2023

Umat Muslim Di TTS Siap Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H


TTS|Soepost.com
, Persiapan dalam menjelang hari raya Idul Adha pada Kamis, 29 Juni 2023 di kabupaten Timor Tengah Selatan berjalan lancar dan Umat Muslim siap menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. 


Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten TTS, H. Rahmat Hasan, saat dijumpai media ini pada Senin, 26 Juni 2023 di kediamannya.


Rahmat Hasan, menjelaskan pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang kaum Muslim di Kabupaten TTS akan menggelar ibadah bersama yang berlangsung di lapangan Puspenmas Kota Soe.


"Tanggal 29 kita lebaran di lapangan Puspenmas Kota Soe," Ungkapnya.


Dikatakan H. Rahmat, secara keseluruhan persiapan menjelang Idul Adha sudah diatur secara baik.


"Perangkat sholat sudah dipersiapkan, lapangan sudah dipersiapkan panitia hari besar Islam, mimbar juga demikian. Dewan Masjid Timor Tengah Selatan juga sudah bersurat dengan Pemda dan Polisi untuk pengamanan," Tuturnya. 


H. Rahmat menerangkan, hewan kurban berupa sapi dan kambing tersebar di seluruh Masjid dan Musala di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hal ini katanya sebagaimana setiap tahun dilakukan. 


"Jumlah kurbannya baru bisa dipastikan pada hari H nanti. Tahun sebelumnya sapi berjumlah 60 ekor dan kambing berjumlah 300 ekor yang tersebar di 43 Masjid dan Musala di TTS. Saya pikir di tahun ini jumlah kurban tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya," tuturnya. 


Menurut H. Rahmat, hewan yang menjadi kurban memiliki beberapa kriteria.


"Untuk kurban ada syaratnya menurut ajaran Islam bahwa sapi diharapkan jantan dan tidak cacat," katanya.


Bagi kaum Muslim di Timor Tengah Selatan  dirinya mengajak untuk menyambut Idul Adha dengan hati yang bersih.


"Bagi kaum Muslim di Timor Tengah Selatan kami harapkan agar menyambut hari Idul Adha dengan riang gembira, tidak berfoya-foya. Kita sambut Idul Adha dengan hati yang jernih dan tulus. Kita juga perlu merangkul kebersamaan," ujarnya.


Hasan juga menyampaikan bahwa toleransi antar umat beragama di kabupaten Timor Tengah Selatan terjalin sangat baik.


"Terkait toleransi kita di TTS sudah sangat baik. Hubungan antar umat beragama juga sangat rukun. Kita di TTS sangat menjunjung tinggi semangat saling menghargai dan menghormati," pungkasnya. 



Terpisah, Ketua NU kabupaten TTS, Eddy Prasetio mengungkapkan terkait Idul Adha sudah diwacanakan akan ada ibadah bersama di Lapangan Puspenmas kota Soe, tetapi dikondisikan dengan faktor cuaca.


"Terkait Idul Adha sudah diwacanakan akan ada ibadah bersama di Lapangan Puspenmas, tetapi kalau hujan berarti kita ibadah bersama di Masjid." Pungkas Eddy saat ditemui media ini pada Rabu, Selasa, 27 Juni 2023


Dikatakan Eddy, jumlah hewan kurban akan diumumkan pada perayaan puncak Idul Adha nanti. 


"Daging kurban akan dibagi-bagi kepada semua masyarakat tanpa membeda-bedakan baik muslim ataupun non Muslim," katanya (Redaksi Soepost) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman